Cari Hadith

Tuesday, September 11, 2012

Beristinja’ (Bersuci) Menggunakan Batu



Sahih Al-Bukhari   
صحيح البخاري
Kitab Wudhu'    كتب الوضوء



حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَكِّيُّ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ يَحْيَى بْنِ سَعِيدِ بْنِ عَمْرٍو الْمَكِّيُّ عَنْ جَدِّهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ اتَّبَعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَرَجَ لِحَاجَتِهِ فَكَانَ لاَ يَلْتَفِتُ فَدَنَوْتُ مِنْهُ فَقَالَ ابْغِنِي أَحْجَارًا أَسْتَنْفِضْ بِهَا أَوْ نَحْوَهُ وَلاَ تَأْتِنِي بِعَظْمٍ وَلاَ رَوْثٍ فَأَتَيْتُهُ بِأَحْجَارٍ بِطَرَفِ ثِيَابِي فَوَضَعْتُهَا إِلَى جَنْبِهِ وَأَعْرَضْتُ عَنْهُ فَلَمَّا قَضَى أَتْبَعَهُ بِهِنَّ


Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad Al-Makki berkata, telah menceritakan kepada kami 'Amru bin Yahya bin Sa'id bin 'Amru Al-Makki dari datuknya dari Abu Hurairah dia berkata, "Aku mengikuti Nabi sallallahu 'alaihi wasallam saat beliau keluar untuk buang hajat (buang air), dan beliau tidak menoleh (ke kanan atau ke kiri) hingga aku pun mendekatinya. Lalu Beliau bersabda: "Carikan untukku batu untuk aku gunakan beristinja' (bersuci) dan jangan bawakan tulang atau najis haiwan." Lalu aku datang kepada beliau dengan membawa batu kerikil di hujung kainku, batu tersebut aku letakkan di sisinya, lalu aku berpaling darinya. Setelah selesai (buang hajat) beliau gunakan batu-batu tersebut."